Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Star Seller Shopee

8 Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Star Seller Shopee

Siapa sih yang tidak ingin menjadi Star Seller di Shopee, hampir semua pebisnis online di Shopee menginginkan hal tersebut. Karena dari predikat Star Seller ini, toko kita bisa mendapatkan jauh lebih banyak orderan dibanding sebelumnya. Lalu apa saja sih syarat menjadi Star Seller di Shopee?


Keuntungan yang diberikan kepada toko yang memiliki predikat Star Seller memang tidak bisa diragukan lagi sob, bahkan perharinya, kamu bisa mendapatkan pesan order mencapai ratusan produk. Maka dari itu, untuk bisa menjadi Star Seller ini bukanlah suatu hal yang mudah.


Dan untuk menjadi Star Seller, Shopee tidak menyediakan fitur pendaftaran sob. Jadi kamu hanya bisa menunggu undangan menjadi Star Seller masuk apabila 8 syarat menjadi Star Seller dibawah ini berhasil kamu tuntaskan.

syarat star seller shopee

Syarat menjadi Star Seller Shopee

Sebenarnya, syarat untuk menjadi Star Seller di Shopee ini tidak bisa dikategorikan sulit atau mudah. Karena jika kamu memiliki strategi yang tepat, kamu akan dengan mudah mendapatkan undangan Star Seller.


Dan apabila Strategi yang kamu gunakan dalam berjualan kurang tepat, tentu tidak bisa memenuhi 8 syarat dibawah ini sehingga akan lebih sulit dan kecil kemungkinannya untuk mendapat undangan menjadi Star Seller.


1. Telah melakukan verifikasi kartu identitas (KTP)

Shopee mengharuskan bagi para sellernya agar memverifikasikan identitasnya dengan mengirim foto KTP. Hal ini tentu bertujuan agar shopee dapat mengetahui siapa pemilik dari toko yang kamu kelola tersebut, dan menghindarkan para pengguna aplikasi Shopee dari tindak penipuan.


Dengan begitu, para calon pembeli akan lebih percaya untuk melakukan order dari toko kamu karena identitas yang diberikan pun sudah jelas.


2. Memiliki total presentase chat diatas 80%

Seperti yang kita tahu bahwa di Shopee, diberikan fitur dimana kita bisa melakukan komunikasi berupa chat dengan calon pembeli. Entah itu guna untuk menanyakan ketersediaan stok, meminta foto real pict, dan sebagainya.


Bagi kamu yang ingin menjadi Star Seller, kamu harus bisa membalas chat dari para calon pembeli secepat mungkin, karena ini merupakan bagian dari kualitas pelayanan. Dan juga sebagai penilaian bagi para calon pembeli terhadap toko kamu, jika respon yang kamu berikan cepat dengan presentase diatas 80%, maka peluang untuk menjadi Star Seller pun makin terbuka lebar.


3. Memiliki penilaian dari pembeli minimal 4,5 Star

Star/penilaian disini berfungsi untuk menentukan kualitas toko kamu secara keseluruhan, dan hanya mereka para pembelilah yang bisa memberikan rating tersebut. Penilaian sendiri ditentukan dari berbagai faktor, bisa berupa kecepatan respon penjual, kualitas produk, kerapian packing, dan sebagainya.


Maka dari itu, jika ingin menjadi Star Seller, kamu diharuskan memberikan pelayanan dan maksimal, dan usahakan untuk bisa mengambil hati para pembeli agar dengan senang hati memberikan 5 Star untuk penilaian terhadap produk yang kamu jual.


4. Miliki minimal 100 penjualan secara rutin ditiap bulannya

Untuk menjadi Star Seller, kamu diharuskan memiliki setidaknya 100 penjualan selama satu bulan, dan itu terus berlanjut hingga sekurang-kurangnya 3 bulan. Maka dari itu, kamu harus memiliki cara laris jualan di Shopee.


Ini menunjukkan bahwa produk yang kamu jual memang banyak diminati oleh orang, sehingga Shopee akan menganggap bahwa toko kamu sudah layak diberikan predikat Star Seller.


5. Melayani 25 pembeli yang berbeda tiap bulannya

Nah, dalam 100 penjualan tersebut, setidaknya dilakukan oleh 25 orang pembeli yang berbeda. Artinya, bukan hanya 1 pembeli yang kemudian membeli 100 produk, melainkan jumlah dari 25 pembeli itu, bisa lebih dari 100 penjualan.


6. Tidak memiliki poin pinalty

Poin pinalty diberikan kepada mereka yang melakukan pelanggaran atas aturan yang sudah dituliskan dalam aturan yang diberikan Shopee. Untuk menyelesaikan misi tersebut, kamu hanya perlu mentaati peraturan yang ada. beberapa hal yang bisa membuat kamu terkena poin penalty antara lain :

  1. Penyelesaian pesanan
  2. Pelanggaran produk
  3. Penyalahgunaan
  4. Respon chat
Dari keempatnya, sudah dijelaskan secara lebih detail pada Penjelasan Penalty Shopee.

7. Tidak memiliki produk Pre Order lebih dari 20% dari total produk hingga lebih dari 5 hari dalam sebulan

Artinya, jika total produk yang dimiliki oleh tokomu sebanyak 50 item, itu artinya, kamu tidak boleh mengaktifkan fitur Pre Order pada lebih dari 10 produk selama lebih dari 5 hari, namun jika masih kurang dari 5 hari itu tidak masalah jikalaupun lebih dari 10 produk.

Yang penting jika hampir mendekati hari ke 5, segera matikan fitur Pre Order.

8. Mengikuti aturan yang diberikan Shopee

Sama halnya seperti poin nomor 6, dalam aturan ini, berisi larangan yang lebih kompleks, entah itu riwayar pesanan tidak wajar, kejanggalan akun, penyalahgunaan promo untuk kepentingan pribadi dan banyak lainnya. Untuk itu, kamu bisa baca Peraturan Komunitas Shopee.

Post a comment for "8 Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Star Seller Shopee"