Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

8 Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

Keberadaan marketplace Online memanglah sangat membantu efektivitas manusia khususnya dalam hal jual beli, salah satu situs online shop yang paling populer di Indonesia yaitu Shopee. Sebagai seorang penjual, bagaimana sih trik atau cara jualan produk di Shopee laris manis banyak orderan?.

Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

Sedikit info, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai E-Commerce atau Marketplace online terpopuler di Indonesia, info tersebut saya dapat dari INews.id.

Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

Meski memiliki jutaan pengguna di Indonesia, tapi kok jumlah orderan yang didapat tidak kunjung mengalami kenaikkan?. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit tips ampuh agar penjualan kamu di Shopee bisa mengalami lonjakkan order.

Cara Ampuh Laris Jualan di Shopee Langsung dari Ahlinya

Beberapa tips berikut ini, saya ambil dari hasil wawancara yang dilakukan oleh Christina Lie bersama Koh Awei yang mana ia telah sukses besar berjualan di Shopee.

Bagi yang belum tahu, Koh Awei ini merupakan pemilik dari toko KaosPria1 di Shope yang sudah bergabung sejak 3 tahun silam. yang mana sudah memiliki 40 Ribuan pengikut / followers, 600 lebih produk, dengan total presentase penilaian dari pembeli sebesar 4,8.

Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

8 Tips laris jualan di Shopee 2021 menuju Star Seller

Meski sekarang ini masih tahun 2020, tapi saya berani menjamin bahwa jika kamu mau mengikuti tips berikut, kamu juga bakal bisa sukses berjualan di Shopee tahun 2021 dan seterusnya. Karena algoritma dari Shopee sendiri, butuh waktu yang cukup lama untuk mengalami perubahan yang signifikan.

1. Follow toko kompetitor/saingan yang punya 4 - 5 bintang dari senin sampai sabtu, sehari minimal 100 toko, Unfollow di hari minggu.

Hal ini berguna supaya toko kamu terlihat selalu aktif, dan juga tanpa sadar, cara ini juga bisa meningkatkan followers yang toko kamu miliki. Karena jika sudah memiliki banyak followers, hal ini dapat meningkatkan penilaian calon pembeli terhadap toko kamu, jadi terlihat lebih kredibel.

Untuk misi follow 100 toko perhari, kamu tidak harus mengikuti toko yang memiliki produk sama layaknya toko kamu.

Misal saja, kamu berjualan sepatu pria. Kamu tidak harus mengikuti toko sepatu pria juga, kamu bisa mengikuti toko apapun yang masih berhubungan dengan fashion pria, entah itu pakaian, jam tangan, sendal, dan sebagainya.

Kemudian lakukan Unfollow di hari minggu hingga kembali 0, hal ini supaya toko kamu tidak terlihat seperti akun spam yang mengikuti banyak toko namun tidak memiliki followers. Karena dalam satu minggu tersebut, kamu sudah bisa mengumpulkan setidaknya 100 followers dari hasil mengikuti toko orang.

2. Jika ingin jadi Supplier, jual barang dengan berat yang ringan terlebih dahulu.

Bagi kamu yang berkeinginan menjadi penjual alias Supplier di Shopee, usahakan agar menjual barang yang ringan saja. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan kepada pembeli agar mau membeli barang dengan jumlah yang banyak.

Jangan menjual barang dengan berat misal 1 KG, hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi calnon pembeli, dan kemungkinan besarnya, mereka hanya akan membeli 1 produk saja, karena ongkir sudah pas untuk 1 pcs.

Berbeda jika kamu menjual barang dengan berat hanya 200 gram, calon pembeli berkemungkinan untuk menggenapi belanjaannya menjadi 1 KG, supaya biaya ongkir tidak sia-sia, jadinya mereka akan membeli 5 pcs produk.

3. Keyword / Judul dari produk menggunakan huruf besar semua.

Jika kamu sering nonton Youtube, pasti kamu akan sering melihat judul konten yang menggunakan huruf besar semua, contohnya Deddy Corbuzier. 

Hal ini berfungsi untuk mempengaruhi cara pandang mata, karena pada dasarnya, mata cenderung akan lebih fokus pada suatu benda yang ukurannya lebih besar dibanding benda sejenisnya. Hal ini juga berpengaruh pada huruf yang digunakan pada judul.

Calon pembeli akan lebih dahulu melirik produk yang mana judulnya menggunakan huruf besar semua dibanding dengan susunan antara huruf besar dan kecil layaknya menulis biasa.

4. Tentukan Keyword produk yang tepat akurat

Bagi kamu yang belum tahu apa itu Keyword, silakan baca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya di Penjelasan Keyword.

Di berbagai macam situs, aplikasi atau apapun itu, yang didalamnya terdapat fitur pencarian, keyword pasti ada dan memiliki fungsi yang sama.

Dan kamu harus pandai dalam menentukan keyword agar produk kamu mudah dicari dan ditemukan oleh calon pembeli.

Misalnya saja, kamu berjualan dompet. Gunakanlah kata dompet yang paling banyak dicari di Shopee, caranya dengan mengetikkan dompet di kolom pencarian, maka akan muncul banyak sekali rekomendasi keyword, itulah yang bisa kamu gunakan sebagai judul, kita ambil saja misalnya dompet kulit pria.

Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

Dengan itu, produk kamu akan dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli, sehingga lebih berkemungkian juga untuk bisa terjual.

5. Bakar duit untuk dapet duit dengan cara jadi Star Seller

Penjual mana yang tidak mau tokonya jadi star seller di Shoppe sih? pasti semua orang mau, karena banyak banget keuntungan yang bisa didapat jika toko yang kamu miliki sudah memiliki predikat Star Seller.

Untuk jadi Star Seller dengan kurun waktu yang singkat, kamu bisa dengan cara bakar duit sebanyak-banyaknya.

Misalnya saja, kamu membeli baju wanita dengan harga 25 ribu dari supplier yang ada di Shoppe. Lalu juallah kembali di Shopee dengan harga yang lebih murah, pasanglah harga misal 23 ribu.

Maka pembeli yang mulanya berlangganan di toko A dengan harga25 ribu, kini akan berbondong-bondong berpindah belanja ke toko kamu.

Lakukan cara tersebut hingga kamu sudah menjadi star seller, kemudian naikkan harga dengan memperhitungkan kunttungan, maka kamu akan dengan mudah mendapat keuntungan jika sudah menjadi Star Seller.

6. Selipkan video atau testimoni di tiap produk

Hal ini berguna untuk menambah kepercayaan calon pembeli terhadap tokomu, kamu bisa menyelipkan video yang mendeskripsikan produk yang kamu jual secara nyata, atau bisa juga dengan testimoni dari pembeli sebelumnya.

Maka dari itu, untuk tiap pembeli yang kamu dapat dari Shopee, ajaklah agar mereka mau memberikan rating atau penilaian terhadap produk kamu supaya nanti bisa menambah kredibilitas toko terhadap pembeli berikutnya.

7. Naikkan produk secara konstan.

Bagi kamu seorang penjual, kamu pasti sudah tahu fungsi dari fitur Naikkan produk. Fitur ini berfungsi agar produk yang kamu jual selalu diposisi atas sehingga berkemungkiann besar untuk terjual.

Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan untuk 5 produk tiap 4 jam sekali, untuk triknya kamu bisa baca cara menaikkan produk shopee nonstop.

Atau kamu juga bisa dengan cara menaikkan hanya 2/3 produk ditiap 2 jam sekali, jadinya disatu kesempatan yaitu 4 jam sekali, kamu bisa menaikkan produkmu 2 kali, supaya berada diposisi teratas terus.

8. Jika produk habis tapi ulasan dari pembeli bagus, jangan dihapus, lebih baik diarsipkan.

Seperti yang sudah saya jelaskan di poin nomor 6, bahwa calon pembelia akan melihat penilaian pembeli lain terlebih dahulu sebelum membeli produk tersebut.

Maka dari itu, jikalau saja produk yang kamu miliki sudah kehabisan stok, alangkah baiknya diarsipkan saja terlebih dahulu hingga restok kembali, karena akan sangat disayangkan jika ulasan yang sudah didapat hangus.

Itu tadi artikel 8 Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller

Post a comment for "8 Tips Laris Sukses Jualan di Shopee Hingga Jadi Star Seller"