Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Viewers Anda Sedikit

Penyebab Viewers Anda Sedikit

Yang sering saya dengar dan selalu ada dalam diskusi forum youtuber pemula indonesia yaitu tentang apa yang menjadi penyebab penonton video mereka sangat sedikit. seakan tidak ada masalah lain. 

memang sih jika hal ini cukup menyakitkan, dan tidak jarang membuat kita putus asa.

Penyebab Viewers Youtube Sedikit

Penyebab Viewers Youtube Sedikit

Bagaimana tidak?, sudah konsisten membuat konten hampir setiap hari, tapi jumlah viewers yang didapat tidak juga mengalami peningkatan.

Yang perlu anda lakukan untuk keluar dari masalah tersebut yaitu, menyelidiki apa yang menjadi penyebab utama jumlah viewers youtube anda sedikit dan tak kunjung bertambah. 

Untuk itu, harap anda simak beberapa ulasan berikut ini yang menjadi faktor penyebab paling umum kenapa viewers channel youtube sedikit.


Penyebab Viewers Youtube Anda Tidak Bertambah

Konten Anda Dibenci Penonton

Salah satu alasan utama banyak orang terjun menjadi kreator youtube yaitu untuk mendapatkan uang. 

Jika benar begitu, maka disetiap kali anda membuat konten, bayangkan bahwa itulah pekerjaan anda, jika tidak anda kerjakan dengan baik dan serius, anda akan dipecat.

Dalam membuat sebuah konten, jangan pernah anda kerjakan secara asal-asalan. Atau memiliki prinsip 'yang penting upload'

Posisikan diri anda adalah seorang penonton. Jika dihadapkan dengan 2 konten dari channel berbeda dan kualitas isi yang berbeda. Pasti anda akan memilih yang terbaik.

Begitulah cara konten anda bersaing dengan channel lain. Jika konten anda bisa menarik perhatian, maka penonton akan lebih memilih konten anda.

Hindari konten yang tidak membuat penonton tertarik.

Lalu, seperti apa konten yang membosankan bagi viewers?

Sebenarnya, untuk pengkategorian konten itu dibenci atau disenangi bagi viewers yaitu berdasar dari selera masing-masing orang.

Namun, ada beberapa penilaian umum yang menunjukan bahwa konten tersebut dibenci penonton.


  • Intro yang bertele-tele

Pembukaan pada bagian video memang diperlukan, namun jika itu terlalu panjang, tentu bisa membuat penonton kabur.

Tidak sedikit orang yang suka dengan konten yang terlalu panjang, namun padahal inti dari video tersebut sangatlah singkat.

Misalnya saja, video tentang cover musik. Judul dari video tersebut adalah 'cover'. Namun durasi dari video tersebut lebih dari 10 menit, dengan pembukaan semacam vlog hingga durasi 7 menit.

85% penonton akan langsung skip ke bagian inti dari video yaitu cover musik. Karena mereka tertarik mengklik video tersebut setelah membaca judul. Yaitu cover, bukannya vlog.


  • Audio tidak jelas

Hal ini sering kali terjadi pada para youtuber pemula. Yang mana mereka masih belum memiliki peralatan serta skill recording yang memumpuni. Terutama untuk bagian audio.

Anda pasti pernah merasa kesal apabila menemukan sebuah video tutorial namun panduan yang diberikan melalui audio sulit sekali didengar, dan terpaksa harus menggunakan headset.

Atau anda pernah menemukan konten dengan isi utama yaitu bincang-bincang (entah itu kepada penonton, atau rekan dalam video) namun suara backsound lagu terdengar lebih keras. Sehingga menyulitkan kita untuk menyimak obrolan.

Dipastikan 100% kesal dan memilih untuk mencari konten lain.


  • Terlalu sering ngemis like dan subscribe

Poin ketiga ini berpengaruh langsung terhadap respect penonton. Entah kenapa, penonton cenderung lebih suka serta respect dengan youtuber yang tidak sama sekali meminta like dan subscribe.
Penyebab Viewers Youtube Sedikit


  • Tema yang dipilih membosankan

Sangat sering terjadi pada youtuber pemula yang berambisi membuat konten maha sempurna, sehingga menyingkirkan potensi sebenarnya pada diri mereka, dan malah mengangkat topik yang bahkan mereka saja tidak ahli didalamnya (Cuma ikut-ikutan trend).

Tema bisa diibaratkan sebagai makanan, dan anda adalah kokinya.

Jika anda ahli dalam memasak nasi goreng, kenapa harus membuat pizza?. 

Jika anda ingin membuat pizzaa, maka anda harus mempelajarinya terlebih dahulu, tidak asal eksekusi.

Paham maksud saya?.

Agar anda tidak salah dalam menentukan tema, silakan baca cara menentukan tema channel dengan pasti.


Judul dan Thumbnail kurang tepat

Poin ini berperan sangat banyak untuk meningkatkan viewers anda. penegertian Judul serta thumbnail yang tepat yaitu ramah untuk search engine, dan menarik bagi penonton.

Ciri-cirinya?

Mengandung ketiga unsur yaitu :

  1. Memuat informasi singkat namun menarik dari video.
  2. Membangkitkan rasa penasaran penonton.
  3. Menerapkan kaidah SEO.


Untuk sub poin 1 dan 2 saya rasa anda sudah mengerti. Lalu untuk kaidah SEO itu apa sih?. Bagi anda youtuber pemula mungkin masih sangat asing dengan istilah ini.

Silakan ada baca Panduan Dasar SEO Youtube.


Tidak Konsisten

Untuk sebuah channel yang masih berumur jagung, serta jumlah video masih hitungan jari. Jangan berharap bisa mendapatkan puluhan ribu viewers.

Anda harus konsisten membuat konten. Jika anda baru memulai sebuah channel, buatlah seminimal mungkin 1 konten setiap harinya.

Semakin banyak video, maka kemungkinan untuk tampil pada bilah pencarian akan semakin besar. Dan juga akan sangat mungkin menjaring banyak penonton.

Dalam kasus wajarnya, sebuah channel terlihat mengalami perubahan signifikan setelah mencapai 50 konten. Namun semua itu juga harus memiliki 1 tema yang sama.


Promosi kurang

Dalam segala bidang bisnis apapun, untuk mencapai titik kesuksesan sangatlah ditentukan dari promosi. Lakukan genjotan promosi secara maksimal, namun tidak spam.

Konten anda tidak akan mungkin terjamah publik apabila enggan melakukan promosi. Sebar ke banyak media sosial yang terkait dengan topik channel.

Kesimpulan

Dari seluruh pembahasan diatas, inti utama sebenarnya yaitu pada optimasi konten. jika anda bisa membuat konten dengan rumusan yang tepat yaitu SEO, tentu penonton akan datang dengan sendirinya.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Viewers Anda Sedikit"