Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Google Adsense Membayar Kita

Cara Google Adsense membayar kita

Bisa memiliki penghasilan dari Google Adsense merupakan dambaan bagi banyak orang dengan alasan bahwa, katanya gaji dari Google Adsense itu gede, jutaan bahkan sampai ratusan juta.

Mereka bisa berkata demikian karena banyak sekali kabar media yang beredar memberitakan gaji dari para Youtuber/Blogger ternama seperti Atta Halilintar, Raditya Dika dan lainnya. 

Dan ternyata hal itu memang benar adanya, contohnya yaitu para Youtuber Gaming dengan gaji fantastis, Blogger berpenghasilan ratusan juta, hingga Developer Aplikasi yang mampu terima uang hanya dari tidur-tiduran.

Kamu harus baca artikel ini hingga akhir, sebelum kamu terjun menjadi publisher Adsense dan akhirnya malah berhenti ditengah jalan karena minimnya pengetahuan. Terus, bagaimana sih Google membayar kita dari hasil iklan?.

Namun jika kamu belum tahu apa itu Google Adsense, kamu bisa baca Apa itu Adsense.

Cara Google Adsense Membayar Kita

Cara Google Adsense Membayar Kita

Google membayar kita alias para publishernya yaitu dengan melalui 4 metode perhitungan terlebih dahulu, dari iklan yang ditayangkan pada blog, channel youtube ataupun aplikasi kita. 4 metode tersebut yaitu.

  • CPM (Cost Per Mile)
  • CPC (Cost Per Click)
  • CTR (Click Through Rate)
  • RPM (Revenue Per Thousand Impression)

Mari kita bahas satu per satu.

Apa itu CPM?

Menurut Wikipedia, CPM (Cost per mille) juga disebut biaya ‰ dan Cost Per Thousand, adalah pengukuran yang biasa digunakan dalam iklan. Radio, televisi, koran, majalah, dan iklan daring dapat dibeli atas dasar menunjukkan iklan untuk seribu penonton. Misalnya, Advertiser/pengiklan mematok CPM sebesar $2, maka penghasilan yang kita dapat dari 1000 kali iklan tayang yaitu sebesar $2.

atau secara mudahnya, kita akan dibayar disetiap 1000 kali iklan yang tayang (dalam platform yang kita kelola) dilihat oleh orang.

Mile adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan 1000 kali iklan tayang dalam program bisnis periklanan. Kata ini sangat populer sekali dikalangan Advertiser maupun Publisher.


Cara menghitung CPM

Untuk menghitung CPM itu ada rumusnya, yaitu : Biaya iklan = CPM x (jumlah imppresi/1000)

Apa itu CPC?

Menurut wikipedia, CPC (Cost Per Click) atau Bayar per klik adalah sebuah metode kerja sama periklanan di internet yang berarti kita akan dibayar dari setiap pengunjung yang mengklik iklan. 

Secara mudahnya yaitu, kita akan dibayar disetiap kali orang mengklik iklan yang tayang. Besar kecilnya ditentukan dari seberapa besar Advertiser ingin mematok harga per klik dari iklan yang mereka pasangkan.


Cara menghitung CPC.

Misalnya, Advertiser mematok harga $5 untuk setiap klik iklan, maka jika ada 30 orang yang mengklik iklan, penghasilan yang kita dapat yaitu 30 x $5 = $150.


Apa itu CTR?

Menurut wikipedia, CTR (Click Through Rate) atau Rasio klik-tayang adalah rasio pengguna yang mengklik tautan tertentu dengan jumlah total pengguna yang melihat halaman, email, atau iklan. Ini biasanya digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye iklan online untuk situs web tertentu serta efektivitas kampanye email.

CTR adalah metode perhitungan yang digunakan Google Adsense untuk bisa memperoleh informasi tentang seberapa efektifkah iklan yang kita pasang mendapat klik.

Sebenarnya CTR bukanlah metode yang digunakan untuk cara Google Adsense membayar kita, namun hal tersebut hanya untuk memperkirakan kecocokan jenis iklan dengan isi konten kita.


Cara menghitung CTR.

Cara menghitung CTR yaitu total jumlah klik pada iklan dibagi jumlah total iklan yang tayang. Misalnya klik iklan yang didapat yaitu 20 kali, dan jumlah iklan yang tayang sebanyak 2000 kali, maka CTR nya yaitu 20/2000 = 0,01 = 0,1%.

Semakin tinggi CTR berarti semakin efektif iklan tersebut untuk tampil, dan biasanya bayaran yang akan diberikan pun semakin besar, hal itu karena Google merasa bahwa situs kita adalah tempat yang cocok untuk menampilkan iklan tersebut sehingga Google bisa mendapat keuntungan lebih.

Sebaliknya, jika CTR rendah berarti iklan tersebut tidak cocok untuk ditayangkan di situs kita, karena hanya sedikit pengunjung yang tertarik dengan iklan tersebut. biasanya dipengaruhi dari iklan yang tidak sesuai dengan isi konten.

Apa itu RPM?

RPM (Revenue Per Thousand) atau Pendapatan laman per seribu tayangan dihitung dengan cara membagi pendapatan tertaksir dengan jumlah total permintaan iklan yang ada, kemudian dikalikan 1.000. 


Cara menghitung RPM.

Misal, Jika penghasilan tertaksir kamu sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, maka BPS (Biaya Per Seribu) laman kamu yaitu ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00. (menurut Google Support).

Jadi artinya kita akan mendapatkan uang dari hasil 1000 kali impressi (tayangan) pada iklan. Hampir mirip dengan CPM bukan? Namun, sebenarnya keduanya itu berbeda. Apa perbedaannya? kamu bisa baca perbedaan CPM dan RPM (di update artikel selanjutnya).


Pertanyaan terkait.

Berapa penghasilan Adsense?

Dengan berat hati saya katakan bahwa penghasilan dari Google Adsense itu sangatlah kecil (jika target pengunjung dari Indonesia).

Dari Youtube, uang yang didapat disetiap seribu kali iklan tayang itu hanya sekitar Rp16.000, untuk target penonton Indonesia. Jika kamu ingin memiliki CPM yang besar, kamu bisa menarget penonton dari luar negri. Penghasilan yang didapat dari 1000 kali iklan tayang bisa mencapai Rp80.000.

Sedangkan untuk perklik iklan yang didapat hanya sekitar Rp500 hingga Rp2.000 perak saja (Blog dengan target pengunjung Indonesia). sangat kecil bukan?.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan penghasilan Adsense?

Kamu bisa membuat konten dengan target pengunjung dari luar negri, dan buat banyak konten dengan topik saling terkait satu sama lain.

Kemudian yang dibutuhkan untuk meningkatkan pnghasilan Adsense tentunya yaitu agar ada banyak orang yang mengklik ataupun sekedar menayangkan iklan kita. Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan viewer Youtube, dan juga meningkatkan subscriber.

Itulah keempat metode perhitungan bagaimana cara Google Adsense membayar kita. Hingga sekarang ini, patform yang paling banyak menggunakan Adsense sebagai sumber penghasilan yaitu Youtube dan Blog. Kamu bisa baca cara menjadi Youtuber Gaming sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Google Adsense Membayar Kita"