Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Misteri Gunung Anak Krakatau Yang Bikin Penasaran

Misteri Gunung Anak Krakatau

Si Anak Krakatau akhir - akhir ini menjadi banyak perbincangan lantaran si anak krakatau baru kemarin mengalami erupsi dan menyebabkan dentuman yang cukup keras, banyak kabar yang beredar jika anak krakatau akan meletus, namun itu baru sekedar kabar burung yang belum jelas kepastiannya.

Daripada bahas kapan anak krakatau meletus karena saya tidak tahu dan bukan saya yang mengatur kapan krakatau harus meletus jadi mending bahas misteri gunung anak krakatau ini, kabarnya si anak krakatau ini menyimpan banyak sekali misteri didalamnya, bukan didalam gunungnya, maksudnya misteri dibalik gunung anak krakatau ini.

Sebenarnya, nggak ada yang begitu istimewa dari Gunung Anak Krakatau, selain letaknya yang berada di tengah laut. 

Biasanya para wisatawan mancanegara memanfaatkan Anak Gunung Krakatau sebagai jalaur trekking. Para wisatawan pun cuma sekedar menaiki puncak dan berfoto.

Tapi, meski terlihat B aja, ternyata misteri Gunung Anak Krakatau ini bikin banyak orang jadi penasaran lho! Kalian juga pasti penasaran, buktinya saja kalian mau baca artikel ini. 

Bahkan konon katanya, Gunung Anak Krakatau ini dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga menyimpan banyak misteri yang belum terkuak hingga sekarang. Hmm.. Apa aja misteri-nya? Yuk gua kasih tahu!

Cerita Kemunculan Gunung Anak Krakatau yang Bikin Merinding

Misteri Gunung Anak Krakatau
Sumber : Pesona.travel

Proses kemunculan si Anak Krakatau emang bikin geger dan sangat menakutkan sih. Awal munculnya si Anak Krakatau pun berasal dari letusan dahsyat “emaknya” alias brojol, yaitu Gunung Krakatau, pada Agustus 1883. 

Gunung Krakatau pada saat itu meletus dengan sangat dahsyat dan bikin gempar seluruh penjuru dunia loh. Saking dahsyatnya, efek letusannya terasa hingga Australia, Afrika, Norwegia, New York dan beberapa negara Eropa! Kebayang gak tuh dahsyatnya kayak gimana?

Efek letusan ini juga menimbulkan tsunami terhebat setinggi 40 meter dan menyapu bersih pantai sepanjang Teluk Lampung dan pantai barat daerah Banten. 

Ketika meletus, tiga perempat tubuh Gunung Krakatau hancur, tapi juga menyisakan gugusan tiga pulau kecil yang elok yaitu Pulau Sertung, Pulau Panjang dan Pulau Krakatau Besar. 44 tahun kemudian, munculah Gunung Anak Krakatau tersebut.

Menurut cerita dari berbagai sumber, sekitar tahun 1927, para nelayan yang sedang melaut di Selat Sunda, tiba-tiba kaget ada yang muncul berupa kepulan asap hitam di permukaan laut di antara tiga pulau yang ada. 

Setelah satu tahun kemunculan asap tersebut, lahirlah Gunung Anak Krakatau.

Misteri Gunung Anak Krakatau yang Bisa Bertambah Tinggi Setiap Tahunnya

Misteri Gunung Anak Krakatau
Sumber : Kompas.com

Sejak Gunung Anak Krakatau muncul di permukaan laut pada tahun 1929 sampai saat ini, Gunung Anak Krakatau terus mengalami pertambahan tinggi. 

Selama 80 tahun atau sampai dengan tahun 2010, tingginya aja udah mencapai 320 meter di atas permukaan laut. 

Berarti, estimasi percepatan pertumbuhannya rata-rata mencapai 4 meter per tahun. Kok bisa ya? 

Hal ini disebabkan karena aktivitas vulkanik dari si Anak Krakatau yang sangat tinggi, makanya banyak material yang dikeluarkan dari dalam perut gunung ini yang membuatnya terus bertambah tinggi.

Aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau sejak 1992 sampai saat ini masih terjadi setiap hari, lho. 

Kalau pertambahan tinggi dan volume dari si Anak Krakatau konsisten, maka diperkirakan pada tahun ini yaitu tahun 2020 volume Gunung Anak Krakatau akan melebihi Gunung Rakata Danan, dan Gunung Perbuwatan (11,01 km3).

Gunung Anak Krakatau Menjadi Ancaman Bahaya yang Patut Diperhitungkan

Misteri Gunung Anak Krakatau
Sumber : BantenNews.co.id

Karena pertumbuhan Gunung Anak Krakatau yang sangat  cepat, semakin tinggi dan besar, maka bencana kayak dulu yang pernah terjadi di tahun 1883 yaitu letusan dahsyat dari Krakatau bisa keulang lagi. 

Tapi, meski begitu besarnya tubuh suatu gunung berapi bukan penentu ancaman bahaya yang akan terjadi. 

Ancaman itu meskipun masih jauh di depan mata, tapi kalau hal tersebut benar-benar terjadi, maka bencana itu bisa melanda Kawasan Selat Sunda yang sangat padat penduduk. Jadi, gua saranin tetap waspada, ya!

Misteri Acara Wayang di Gunung Anak Krakatau

Meski letusan Anak Krakatau ini bisa dijelaskan secara ilmiah, ternyata ada mitos dari cerita warga sekitar tentang misteri Gunung Anak Krakatau. 

Karena sangat angker, di wilayah Anak Krakatau sering terdengar suara yang sangat aneh. 

Menurut penjaga Cagar Alam Gunung Anak Krakatau di sana sering mendengar suara-suara seorang perempuan atau suara ramai seperti suara orang lagi teriak-teriak dan nangis gitu, padahal saat itu nggak ada orang sama sekali. Hiii.. bikin merinding ya~~

Terus katanya, polisi hutan yang melakukan patroli setiap hari juga pernah mendengar suara-suara instrumen gamelan wayang dari Gunung Anak Krakatau tersebut, tapi setelah dicek sumber suaranya, mereka nggak menemukan suara apa-apa! Mungkin itu adalah aktivitas makhluk astral penduduk kerajaan gaib di Gunung Anak Krakatau atau mungkin roh-roh para korban keganasan letusan Gunung Krakatau? Hmm, ngeri juga ya!

Penemuan Hewan Misterius

Misteri Gunung Anak Krakatau
Sumber : ViralNesia.com

Meski tergolong baru dan kerap dijadikan tempat wisata, Gunung Anak Krakatau tetap terkenal dengan keangkerannya. 

Konon katanya nih, para pendaki mengaku sering melihat penampakan makhluk aneh yang gak sewajarnya ada di gunung tersebut. Jika biasanya cuma ada makhluk kecil seperti kupu-kupu dan burung, mereka malah melihat kadal raksasa dan burung besar.

Padahal menurut Polisi Hutan, ekosistem di pulau tersebut dijaga ketat, dan petugas yang berpatroli gak pernah menemukan makhluk aneh yang diungkapkan oleh pengunjung. 

mimin jadi penasaran nih, apakah itu makhluk jadi-jadian atau arwah para korban letusan Krakatau? Hmm.. benar tidaknya semua masih jadi misteri sih.

Nah, itulah 5 Misteri Gunung Anak Krakatau Yang Bikin Penasaran, semoga letusan dahsyat Gunung Krakatau yang pernah terjadi dahulu tidak terulang lagi pada si Anak Krakatau, amin.

Semoga Bermanfaat....