Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar Bisnis terpenting saat membangun Bisnis untuk Pemula | Belajar Berbisnis

Dasar Bisnis

Kali ini saya akan berbagi tips kepada anda mengenai dasar dasar memulai bisnis

Apa yang harus kita persiapkan?

apa yang harus kita ketahui? 

apa yang harus kita pelajari hingga nanti kita bisa membuat bisnis jadi lebih kokoh?

Dasar memulai bisnis

dasar bisnis

Dasar Bisnis


Foundation / Pondasi Bisnis

Dalam memulai bisnis anda harus memiliki akar / pondasi yang kuat agar bisnis anda mampu bertahan jangka panjang, dan untuk pondasi dapat saya jabarkan menjadi beberapa strategi lagi diantranya.

  • Visi Bisnis

Saat anda akan memulai bisnis, anda harus punya bayangan akan seperti apa bisnis apa, akan sebesar apa bisnis anda, akan punya berapa cabang bisnis anda.

Dalam visi anda, kreasikan sebuah ide dimana anda memunculkan yang sekarang belum ada dan menjadi ada.

Disini saya contohkan sebuah produk air mineral yang sangat terkenal saat ini. 

pada awalnya tidak ada sama sekali orang yang menjual air minum, dan semua orang berpikir bahwa untuk apa mereka membeli sebuah air minum jika mereka bisa dengan mudah membuatnya sendiri.

Dan lihat sekarang, hampir semua orang mengkonsumsi air minum dengan membeli, tidak membuatnya lagi.

Karena sekarang, untuk mencari air higienis sangatlah susah, apalagi untuk yang tinggal di kota besar, pasti sangat sulit, maka dari itu kita lebih memilih untuk membelinya yang sudah jelas higienis.

Dari contoh tersebut dapat saya katakan 

bahwa saat anda akan memulai bisnis, berpikirlah untuk membuat sesuatu yang belum ada namun akan dibutuhkan, atau anda membuat sesuatu yang sudah ada, namun berbeda dari sebelumnya.

Jadi intinya, anda harus bisa berpikir jauh kedepan, tentunya dengan inovasi - inovasi baru yang mungkin belum tercetuskan untuk saat ini.

  • Misi Bisnis

Dalam memulai bisnis, anda diharuskan memiliki sebuah tujuan yang jelas untuk bisnis anda, dari yang paling ringan hingga terberat, 

karena misi bisa memunculkan ide baru untuk kelangsungan bisnis anda sehingga mampu terus bertahan.

Saya contohkan marketplace Amazon, misi pertama amazon adalah dengan membuat suatu media jual beli yang mudah, aman, selurung manusia yang ada di bumi bisa saling bertransaksi dan tentunya memuat segala macam produk.

Saya contohkan lagi Grab / Gojek, mereka memiliki misi utama yaitu mempertemukan antara ojek dan konsumen dengan metode yang lebih mudah dari sebelumnya, memudahkan kita untuk membeli suatu makanan tanpa harus pergi ke restoran.

Nah itulah contoh misi, cetuskan inovasi baru yang bahkan belum terpikirkan sama sekali oleh anda ataupun orang lain, jika anda memiliki misi yang jelas, tentu anda akan mampu memikirkan cara bagaimana misi tersebut dapat terwujud.

  • Fiinacial / Keuangan

Anda harus memiliki tujuan jelas akan berapa penghasilan anda, 

dengan begitu anda akan mampu memperhitungkan berapa modal yang dibutuhkan, berapa pengeluaran yang pas jika pendapatan anda sekian.

Misalkan ada anda seorang dropshipper, anda menjualkan produk milik supplier, tentu anda bisa memperhitungkan keuntungan yang anda dapat dan berapa target anda dalam sehari atau sebulan. 

tidak harus akurat, namun perkirakan saja, 

dengan perhitungan keuangan yang jelas, anda akan bisa merencanakan cara kerja bisnis anda, 

misal berapa jam anda harus bekerja, berapa produk yang harus terjual, dan lain sebagainya

  • Kualitas

Dalam memulai bisnis, kualitas adalah yang utama, berikan segala yang terbaik untuk konsumen anda, 

jika anda berhasil memberikan kualitas yang baik kepada konsumen, tentu mereka puas dan berkemungkinan besar akan datang lagi kepada.

Kualitas bisa berupa produk yang baik, jasa yang bermanfaat dan bagus, pelayanan yang maksimal. 

dan tentunya sesuaikan kualitas dengan harga yang anda berikan, jika anda memasang harga yang tinggi namun dari segi kualitas biasa saja, tentu konsumen akan pergi, 

ini bukan berarti jika anda mematok harga rendah lalu anda tidak memperdulikan kualitas ya, berikan pelayanan yang sama, berikan manfaat yang sama.

Selalu konsisten dalam menjaga kualitas sangat penting

misal anda membuka sebuah warung makan, saat pagi makanan enak, namun saat sore makanan sudah tidak enak lagi karena anda sudah kelelahan untuk memasak, tentu tidak ada yang mau makan ditempat anda.

jaga kualitas makanan tetap enak dari pagi hingga warung makan tutup, berikan pelayanan yang sama dari pagi hingga sore, maka konsumen anda akan terus berdatangan ke warung makan anda.

Marketting Bisnis

Dasar Bisnis, Pada bagian marketting saya bagi lagi menjadi 2 yaitu service dan branding

  • Service


Service atau pelayanan yang bagus wajib anda berikan kepada konsumen, dengan begitu anda akan memiliki lebih banyak pelanggan, 

dan karena pelayanan anda yang baik, satu persatu konsumen akan mengajak lagi temannya untuk menggunakan jasa, produk atau apapun itu dari bisnis anda, 

dengan anda terus menjaga pelayanan yang baik, maka tanpa anda sadari konsumen baru akan terus berdatangan.

Misal, anda membuka sebuah jasa cuci baik kendaraan, pakaian atau apapun itu. 

Dengan anda memberikan hasil cucian yang bersih dan pelayanan yang ramah, tentu konsumen akan datang lagi esok untuk mencuci lagi ditempat anda yang sudah terbukti bagus.

  • Branding Bisnis


Branding disini bukan berarti logo atau gambar, namun pendapat konsumen tentang produk/jasa yang anda berikan.

Seperti pada poin service diatas, dengan anda memberikan segalanya yang terbaik kepada konsumen, maka mereka akan menyebarkan informasi kepada orang banyak bahwa produk/jasa yang bisnis anda berikan sangat bagus, dan konsumen anda akan terus bertambah banyak tanpa anda susah - susah untuk promosi.

Dan untuk menciptakan branding yang baik bagi bisnis anda, tentu bukan suatu yang intan, anda butuh proses yang tidak sebentar, 

maka dari itu dengan anda terus menjaga kualitas, maka pendapat baik konsumen akan tercipta dan pelanggan akan terus berdatangan.

Sistem Bisnis

Dasar Bisnis, Untuk bisnis yang sukses, tentu anda membutuhkan sistem bisnis yang baik.

Anda harus bisa membuat sistem dimana bisnis anda mampu berjalan tanpa anda awasi, dan ini yang paling sulit.

Anda tidak boleh terlalu bergantung dengan orang/karyawan anda, namun anda harusnya bergantung pada sistem dari bisnis anda. 

jika anda berhasil membuat sistem yang baik, anda tidak perlu repot - repot untuk mengawasi bisnis anda terus - terusan, 

jadi anda bisa mengerjakan hal lain dan bisnis anda bisa berjalan dengan lancar, dan anda bisa memikirkan hal lain untuk membuat bisnis anda semakin berkembang.

Untuk sistem saya tidak bisa memberikan contoh, itu tercipta dari diri anda sendiri berdasar pengalaman anda saat mengerjakan bisnis anda, 

cari inovasi dengan berpikir bagaimana cara agar bisnis bisa terus menghasilkan uang tanpa repot - repot terjun ke lapangan.

Jika anda sudah mencapai poin ke 3 dari dasar dasar berbisnis, anda adalah pebisnis yang handal.

Namun untuk mewujudkan dari poin poin yang sudah saya jelaskan diatas, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, dan dibutuhkan pengalaman pribadi dalam mengelola bisnis anda sendiri, 

dengan diciptakannya pondasi bisnis yang kokoh, marketting bisnis yang baik, dan sistem bisnis yang bagus tentu bukan mustahil anda bisa menjadi pengusaha sukses.

Kunci bisnis adalah, tekun, kerja keras dan pantang menyerah

Itulah sedikit pembahasan mengenai dasar dasar memulai bisnis, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dasar Bisnis terpenting saat membangun Bisnis untuk Pemula | Belajar Berbisnis"